Tabel Periodik umumnya dipelajari oleh para siswa dan mahasiswa yang memperoleh pelajaran mengenai ilmu Kimia.Keberadaan sebuah software untuk membantu siswa, mahasiswa, pengajar sangatlah perlu. Dengan tingkat kreaktifitas manusia, keberadaan perangkat lunak animasi (misal Flash), bisa dimanfaatkan untuk membuat aplikasi untuk membantu mempelajari ilmu Kimia, misal animasi mengenai ikatan antar unsur menggunakan Flash. Keberadaan aplikasi-aplikasi ini ada yang bersifat gratis, ada pula yang komersil.

Di dunia open source, ada banyak pilihan software (perangkat lunak) yang bisa digunakan untuk membantu bidang pendidikan, termasuk juga dalam mempelajari ilmu Kimia. Salah satunya, keberadaan aplikasi open source GPeriodic hasil karya Kyle R. Burton dan beberapa developer lainnya.

Aplikasi GPeriodic ini sangat sederhana, namun membantu setiap orang untuk mengetahui setiap unsur kimia yang dikenali di dunia ini. Tentu, tanpa harus membaca buku atau kamus lagi untuk mengetahui Tabel Periodik pada ilmu Kimia

Keberadaan aplikasi Gperiodik ini sangat membantu dan memberikan menu yang pas untuk mereka yang membutuhkannya dalam bidang Kimia. Dengan menggunakan Linux sebagai sistem operasi dan aplikasi-aplikasi open source sebagia aplikasi-aplikasi yang dipakai, disamping menghemat biaya, juga bisa memanfaatkan komputer-komputer tua (karena Linux dan open source software berjalan baik juga pada mesin-mesin tua), di samping mengajarkan untuk tidak membajak sejak dini kepada generasi muda.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s